Kamis, 19 Juli 2012

Cara Mudah Bikin Lilitan dengan IFT Biru "GOOD PLAN"


Meskipun sederhana dan sangat mendasar semoga bisa menjadi referensi para pecinta homebrew radio amatir. Saya menuliskan ini karena terinspirasi dari dialog antara saya, OM Sutrisno HW dan OM Daryono (YD1CWZ) di group Komunitas Pecinta Radio Bodol 80 Meter di Facebook.Ketika itu saya dan OM Sutrisno berdiskusi tentang jumlah lilitan dan induktansi pada IFT biru (IFT 10.7 Mhz receiver FM) merk “GOOD PLAN” (gambar  1).
Gambar 1
Gambar 2
Ketika itu OM Sutrisno HW menyampaikan bahwa dengan lilitan sejumlah 19 lilit pada IFT biru menghasilkan induktansi dengan range 6.5-10.5uH. Selanjutnya saat itu saya juga menyampaikan pengalaman saya bahwa dengan lilitan tersebut di atas menghasilkan 6.2uH (saya tidak mengukur range induktansi yang dihasilkan). Sayapun akhirnya “penasaran” untuk bereksperimen lagi. Saya mencoba melilit ulang.Sebelumnya saya posisikan  ferit IFT di tengah (ditentukan dari posisi maximum dan minimum putaran ferit). Setelah diukur ternyata menghasilkan induktansi 6.25uH (lihat gambar 2, posisi ferit di tengah).Berikutnya saya coba ukur induktansi minimum (posisi ferit di puncak).Hasilnya 5.80uH (gambar 3).
Gambar 3
Kemudian diukur nilai induktansi maksimum (ferit di posisi paling bawah) menghasilkan nilai 7,56 uH (gambar 4)
Gambar 4
Kesimpulan hasil pengukuran dari eksperimen tersebut : setiap 19 lillit, kawat email diameter 0.12 mm pada IFT merk “GOOD PLAN” menghasilkan induktansi dengan range : 5.80uH – 7.56uH (dengan asumsi toleransi alat ukur saya plus minus 10%).
Kemudian OM Daryono memberikan “petuah” bahwa : 
"Dengan patokan lilitan tersebut bisa sebagai acuan dengan memakai formula perbandingan gulungan =akar dari perbandingan induktansi."
Dari “petuah” tersebut selanjutnya saya coba konversi ke dalam formula :
Kemudian saya coba simulasikan formula tersebut dengan asumsi, acuan untuk jumlah lilitan (N2) adalah 19 dan acuan nilai induktansi (L2) dari hasil pengukuran saya adalah 6,25uH, maka apabila kita menginginkan nilai induktansi lain semisal 10uH.Berapa jumlah lilitan pada IFT biru "GOOD PLAN"...?
Jawab :
Gambar 5

Jadi dengan menerapkan formula tersebut didapatkan jumlah lilitan sebanyak 24 lilit.
Kemudian saya coba lanjutkan dengan mengukur nilainya. Ternyata menghasilkan  9,96uH (gambar 5). Ini cukup mendekati dari nilai yang dinginkan mengingat asumsi alat ukur saya memiliki toleransi plus minus 10%.Selanjutnya saya ukur range nilainya adalah 8,6-11.1uH.

Semoga manfaat....








4 komentar:

  1. Pertamax...gan..!!!

    BalasHapus
  2. OM Amin;
    Mohon izin, artikel ini aku muat di : http://amatirindo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=348:cara-mudah-bikin-lilitan-dengan-ift-biru-qgood-planq&catid=51:teknik&Itemid=41
    untuk di share pula ke teman2 lainnya yaaa...

    Catatan : Tidak ada penambahan / pengurangan, kecuali tata letak yang disesuaikan dengan fasilitas yg dimiliki oleh kami. Secara keseluruhan tidak mengubah makna artikel...

    Terima kasih yaaa... 73 de yd1dkq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin Wibawa-YD2MJR21 Juli 2012 pukul 23.15

      Silahkan OM Rudi...terima kasih kunjungannya....

      73 de
      Amin -yd2mjr

      Hapus
  3. Lc meternya bikin sendiri ya om.?

    BalasHapus