Selasa, 17 Juli 2012

Merakit 40-80m Prenjak HITX SSB Transceiver Bag. 5




Second IF amplifier + Product Detector
Prenjak HITX 80/40 SSB pada bagian IF receiver memakai system Hybrid Cascode IF amplifier yang sebelumnya dikembangkan oleh OM Wes Hayward (W7ZOI) dan Jeff Damm (WA7MLH), untuk artikelnya ada di sini http://www.ka7exm.net/hycas/hycas_200712_qst.pdf. Second IF amplifier ini diresonankan pada frekuensi 5 Mhz.Trafo dibuat menggunakan IFT  biru merk GOOD PLAN (biasanya untuk IF 10.7 Mhz radio FM). Gulungan dan internal kapasitor asli dibuang, selanjutnya bagian primer digulung ulang sebanyak 19 lilit dengan diameter kawat email 0,2mm. Nilai induktansi pada lilitan primer mempunyai range 5.86-6.5uH.Karena HARUS resonan di frekuensi 5 Mhz maka C=100pf  (lihat gambar pada C yang dilingkari) saya ganti nilainya menjadi 168pF (dengan asumsi nilai L adalah 6.0uH).Karena tidak punya kapasitor 168pf, maka saya memparalel kapasitor 100pF dengan 68pF.Untuk bagian sekunder saya gulung sebanyak 6 lilit dengan kawat email 0,1mm.Pada bagian product detektor saya menggunakan 4 buah dioda 1N60 (desain asli menggunakan dioda 1N4148).Untuk mengetes pada bagian ini sudah bekerja atau belum kita bisa menyentuh bagian input rangkaian ini dengan memakai pinset atau obeng (pastikan jari memegang bagian logam obeng). Kemudian putar ferit dalam IFT hingga di speaker terdengar suara "kemrosok" paling keras ("kemrosok"=istilahnya orang Jawa he..he).

6 komentar:

  1. Om Amin Salam kenal saya Dono Winarso yd1wns.
    tertarik dengan rancangan tersebut dan sudah punya pcbnya tapi komponennay belum kalau berkenan saya mau beli komponenenya dari om Amin. atau daftar komponenenya aja. berhubung sudah dapet pcbnya dr hamfes biar bisa saya rakit. Terimaksih sebelumnya
    salam de yd1wns
    dono

    BalasHapus
  2. Amin Wibawa-YD2MJR19 Juli 2012 pukul 02.04

    Ya Om Dono salam kenal kembali, terima kasih kunjungannya.Dulu sy mendapat kit Prenjak sudah lengkap komponen kecuali resistor dan kapasitor (karena resistor dan kapasitor bisa didapatkan tiap toko elektronika).Mungkin OM Dono bisa hubungi pak Indra via email untuk mendapatkan komponen.
    Salam..

    Amin W-YD2MJR

    BalasHapus
  3. Ass.wr.wb.OM Amin, step by step-nya bagus sekali lho. BITX dari India [A.Frahan)]. Prenjak asli Indonesia [Indra S. Ekoputro]. Keep soldering and tetap semangat!
    Semalem saya sms ke OM Indra S.E.[08787016000], pesan kit Prenjak 40-80m HITX SSB Transceiver. Beliau bilang kit-nya sudah habis alias "entek", dan saya masuk di waiting list. Buat OM Dono W, saran saya segera kontak OM Indra.Wass.wr.wb. Rudy Ronggo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin Wibawa-YD2MJR19 Juli 2012 pukul 19.31

      Wa'alaikum salam wr.wb
      Terima kasih kunjungan dan supportnya pak Rudy, semoga HITX diproduksi ulang...
      Wass wr.wb.

      Salam
      Amin Wibawa

      Hapus
    2. Makasih Om Amin & Om Rudi segera ke TKP. dan kalau boleh saran komponen perbagian di cantumkan trus detail pengetesannya.

      Salam
      Dono winarso

      Hapus
  4. Mas Amin; mohon izin artikel ini saya posting di sini :
    http://amatirindo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=387:merakit-40-80m-prenjak-hitx-ssb-transceiver-bag-5-&catid=51:teknik&Itemid=41
    tidak ada yang diubah dan sumber tetap disertakan... mudah2an berkenan yaaa...:)
    Terima kasih yaaa... 73 de yd1dkq

    BalasHapus