Senin, 23 Juli 2012

Merakit 40-80m Prenjak HITX SSB Transceiver Bag. 6


Bagian First IF Amplifier dan Crystal Ladder Filter

Setelah rehat beberapa hari dari aktivitas memegang solder, hari Minggu, 22 Juli 2012, mumpung ada waktu saya melanjutkan proyek merakit Prenjak HITX. Kali ini saya merakit bagian first IF amplifier. Pada stage ini merupakan broadband rf amplifier sehingga tidak diberikan rangkaian LC (resonan) seperti pada second IF amplifier. Setelah selesai perakitan, untuk pengecekan rangkaian ini sudah bekerja dengan baik atau belum, saya memakai metode sederhana yaitu dengan menyentuh bagian input first IF amplifier ini dengan pinset atau obeng (sama persis dengan pengetesan second IF amplifier). Bila rangkaian ini bekerja normal maka speaker HARUS mengeluarkan suara "kemrosok" yang lebih keras dibanding dengan saat pengetesan second IF amplifier. Hal ini dikarenakan IF amplifier sudah mempekerjakan 2 stage (penguat).


Setelah bagian first IF amplifier bekerja baik, dilanjutkan merakit bagian Crystal Ladder SSB filter. Kit Prenjak HITX disediakan 8 buah mini kristal 5 Mhz yang sudah match frekuensinya.Untuk SSB filter membutuhkan 6 buah kristal dan untuk RF speech processor 2 buah kristal. Karena penasaran dengan "perbedaan frekuensi" dari masing-masing kristal, sebelum  kristal dipasang, terlebih dahulu saya lakukan eksperimen pengetesan kristal. Karena tidak ada rangkaian "crystal checker" terpaksa bagian BFO saya bongkar kedua kristalnya dan saya ganti dengan socket IC untuk menancapkan kristal yang akan dites. Output BFO (kapasitor 10nF yang menuju product detector) saya hubungkan dengan frequency counter homebrew, kemudian kristal diukur satu persatu. Frekuensi kristal setelah dilakukan pengukuran bisa dilihat pada foto. Ternyata 8 buah kristal memiliki perbedaan hanya kurang lebih 10 hertz. Menurut "primbon" perbedaan frekuensi kristal untuk SSB filter sebaiknya kurang dari 50 hertz, berarti kedelapan kristal ini sudah memenuhi syarat (terima kasih pak Indra...sudah dipilihkan kristal yang OK he he). Ini kelebihan dari kit Prenjak HITX dimana perakit dimudahkan (tidak repot-repot lagi beli kristal sekantung kemudian dicari kristal yang match).

Langkah berikutnya memasang 6 kristal yang sudah match tadi pada blok SSB filter dan melakukan pengetesan.Untuk melakukan pengecekan bagian kristal filter cukup dengan menyentuh bagian input kristal filter dengan pinset.Pada stage ini suara "kemrosok" di speaker pasti akan berkurang kerasnya, hal ini dikarenakan ada attenuasi (peredaman) pada kristal filter.

5 komentar:

  1. Ayo solder terus Om Amin,saya tak nyimak saja dulu :)

    BalasHapus
  2. Mas Amin; mohon izin artikel ini saya posting di sini :
    http://amatirindo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=390:merakit-40-80m-prenjak-hitx-ssb-transceiver-bag-6&catid=51:teknik&Itemid=41
    tidak ada yang diubah dan sumber tetap disertakan... mudah2an berkenan yaaa...:)
    Terima kasih yaaa... 73 de yd1dkq

    BalasHapus
  3. Salam kenal Om Amin, saya Mahmudi...senang sekalimengikuti blog ini...mohon hasil akhir dari perakitan HITX ini bisa di upload kembali disini Om...
    Thank you 73 de YC0UDI

    BalasHapus